VISI DAN MISI D.3 & D.4

VISI PRODI D.3 KEPERAWATAN GIGI

Penyusunan visi misi pada program studi D III Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Surabaya diawali pada hari Kamis, 30 Juni 2011 yang dihadiri oleh seluruh tenaga Dosen dan tenaga Kependidikan. Agenda rapat pendidikan tersebut salah satunya adalah membahas visi dan misi Prodi Keperawatan Gigi dan menghasilkan visi sebagai berikut:

“Program D III Keperawatan Gigi Surabaya Sebagai Pendidikan Tinggi yang Mandiri Dalam Menghasilkan Tenaga Keperawatan Gigi yang Profesional, Kompeten, dan Bermartabat”.

Maksud Visi Program Studi Keperawatan Gigi :

Mandiri maksudnya lulusan ahli madya keperawatan gigi mampu menciptakan pekerjaan secara mandiri dengan mendirikan klinik promotif dan preventif.

Inovatif artinya dalam proses pendidikan untuk menghasilkan perawat gigi yang kompeten dilaksanakan dengan berbagai metode dan media.

Profesional artinya mempunyai kemampuan sesuai kompetensi, mempunyai sikap yang ikhlas dalam melayani masyarakat dibidang kesehatan.

Kompeten adalah seperangkat tindakan cerdas penuh tanggungjawab yang dimiliki seorang perawat gigi sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas dalam bidang pekerjaan keperawatan gigi.

MISI PRODI D.3 KEPERAWATAN GIGI

Dalam rangka menyelaraskan visi Program Studi Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Surabaya serta melihat kemampuan dan sumberdaya yang ada di Prodi D III Keperawatan Gigi maka Prodi DIII Keperawatan Gigi mengembangkan misinya sebagai berikut:

Misi:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran vokasional di bidang Keperawatan gigi guna mencapai kompetensi lulusan D III Keperawatan gigi yang berkualitas berlandaskan moral dan etik keperawatan gigi.
  2. Menyelenggarakan Penelitian dalam bidang Keperawatan Gigi untuk meningkatkan kompetensi dosen dan lulusan yang berkualitas.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat dalam bidang Keperawatan Gigi bagi dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat .
  4. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan ketrampilan dosen dan mahasiswa.
  5. Menyelenggarakan pelayanan prima dalam keperawatan gigi kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat .
  6. Menjalin kerjasama dengan institusi terkait yang relevan guna meningkatkan kemampuan dosen dan lulusan.

VISI PRODI D.4 KEPERAWATAN GIGI

“Menghasilkan tenaga sarjana terapan Keperawatan gigi yang bermoral memiliki kemampuan dalam bidang Dental Hygiene dan Dental Therapist dengan  keunggulan promosi kesehatan gigi dan mulut baik di tingkat Nasional dan Internasional.”

Visi tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan tenaga sarjana  terapan Keperawatan Gigi yang  bermoral mengandung makna bahwa semua lulusan tenaga keperawatan gigi memiliki moral yang baik berupa : kejujuran, amanah, ikhlas dan berkualitas secara intelektual, terampil serta mampu mengambil keputusan yang tepat secara akademik, mandiri, bertanggung jawab secara sosial atas keputusannya.
  2. Menghasilkan tenaga sarjana terapan Keperawatan Gigi yang mempunyai kemampuan dalam bidang Dental Hygiene mengandung makna bahwa semua lulusan tenaga keperawatan gigi mampu mengelola pelayanan asuhan keperawatan gigi dan mulut dengan pendekatan promotif, preventif.
  3. Menghasilkan tenaga sarjana terapan Keperawatan Gigi yang mempunyai kemampuan dalam bidang Dental Therapist mengandung makna bahwa semua lulusan tenaga keperawatan gigi mampu melakukan tindakan terapeutik sederhana secara holistik kepada individu, kelompok rentan penyakit dan berkebutuhan khusus serta masyarakat.
  4. Memiliki keunggulan dalam bidang promosi kesehatan gigi dan mulut baik di tingkat Nasional dan Internasional memiliki makna bahwa semua lulusan mampu memberikan manfaat bagi peningkatan  kesehatan gigi dan mulut dengan sasaran individu, kelompok rentan penyakit dan berkebutuhan khusus serta masyarakat dengan menggunakan berbagai media terutama media 3 dimensi dengan metode promosi/penyuluhan role play di tingkat Nasional dan Internasional menuju MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

MISI PRODI D.4 KEPERAWATAN GIGI

  1. Menyelenggarakan pendidikan perawat gigi setingkat Sarjana yang berkualitas secara intelektual, terampil, bermoral dan mampu mengambil keputusan yang tepat secara akademik dan mandiri serta bertanggung jawab secara sosial atas keputusannya.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dengan mengacu pada konsep-konsep keilmuan teraphis gigi dan mulut  (Dental Hygiene Care, Dental Therapist Care) yang diterapkan di tingkat internasional.
  3. Menyelenggarakan pendidikan yang mampu mengelola pelayanan asuhan keperawatan gigi dan mulut.
  4. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dalam bidang promotif dan preventif kesehatan gigi dan mulut.
  5. Menyelenggarakan penelitian terapan bidang keperawatan gigi dan mulut (Dental Hygiene dan Dental Therapist ).
  6. Menyelenggarakan pendidikan perawat gigi yang mampu memberikan pelayanan konsultasi kesehatan gigi dan mulut pada individu, kelompok rentan penyakit dan berkebutuhan khusus serta masyarakat dengan berbagai metode.
  7. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan kesehatan gigi dan mulut di masyarakat

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>